Langkah Awal Menumbuhkan Misteri Potensi Anak yang Tak terbatas

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh bahagia dan gemilang. Anak adalah wujud dari potensi yang tak terbatas. Tugas kita, sebagai orang tua, adalah mendeteksi potensi tersebut dan menyiapkan lingkungan tumbuh terbaik, agar tunas potensi tersebut, tumbuh menjadi bunga yang hebat. Maka dari itu, mengenali bakat dan minat anak sedini mungkin, adalah hal yang patut diletakkan dalam daftar panduan menjadi orang tua yang bijaksana.

Tak ada bakat yang buruk, begitupula tak ada minat yang tidak penting. Setiap bakat dan minat yang mulai tampak pada diri anak adalah harta karun yang layak untuk digali lebih jauh. Orang tua, sebagai guru pertama anak, adalah sosok penting dalam proses penggalian ini.

Nah, lalu muncul pertanyaan, bagaimana mendeteksi bakat dan minat dalam diri anak?

Bapak/ibu sekalian, tentu itu adalah pertanyaan yang tidak sederhana. Berbagai penelitian dilakukan para ilmuan pendidik untuk menemukan dan mengembangkan bakat dan minat dari anak. Artikel ini akan menceritakan beberapa di antaranya. Jadi, mari bersama menengok beberapa hasil penelitian tersebut.

Indah Ayu Anggraini melakukan penelitian berjudul “Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata”. Penelitian ini terbit di Jurnal Keislaman dan Pendidikan pada tahun 2020. Indah melakukan observasi dan wawancara terhadap sivitas akademika SD Negeri Periuk 6 selama periode kurang lebih 1 bulan, dan menemukan hasil berupa betapa pentingnya rangsangan yang diberikan orang tua selaku guru pertama bagi anak, untuk memunculkan bakat dan minat anak. Klaim Indah ini benar belaka. Dalam menggali bakat dan minat anak, anak perlu diransang dengan berbagai macam stimuli yang diharapkan bisa memunculkan respon yang bermacam-macam. Dari respon tersebutlah kita bisa mendapat petunjuk pada bidang atau dunia apa sang anak tertarik.

Stimuli atau rangsangan tersebut bisa berupa mengajaknya ke dalam berbagai macam aktivitas. Aktivitas yang bervariatif dapat membuat anak membuka cakrawala-cakrawala pengalaman baru, dan memancing munculnya bakat dan minak anak. Tentu, bagi orang tua yang sibuk bekerja ini adalah pekerjaan rumah yang cukup berat. Namun, hal itu masih bisa teratasi jika kita bisa mengatur waktu dengan baik. Misalnya, tiap akhir pekan, kita ajak sang anak memancing, berburu barang antic, berkemah, atau sekadar berjalan-jalan mengitari kota sambil menceritakan kisah-kisah tentang bangunan sekitar. Anak adalah kanvas kosong raksasa yang bisa memunculkan warna apapun. Oleh karenanya, sebaiknya kita tidak membatasi kuas pengalaman dalam hidupnya, malah kita sodorkan pengalaman-pengalaman baru sebanyak dan sevariatif mungkin.

Menurut Winkel dan Slameto dalam buku yang bertajuk “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya” berpendapat bahwa suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan suatu hal daripada hal lainnya, dapat pula dimanifestasikan melaui prestasi dalam suatu aktivitas. Anak didik yang memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberi perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut. Maka, bapak/ibu sekalian, ketika kita menyadari sang anak menaruh perhatian khusus atau menonjol secara prestasi dalam suatu bidang, barangkali itulah bakat dan minat sang anak. Tugas kita selanjutnya adalah menyiapkan lingkungan yang mendukung agar bakat dan minat sang anak dapat tumbuh dengan optimal.

Nah, bisa kita pahami kemudian, bahwa mendeteksi bakat dan minat anak dapat dilakukan dengan menaruh perhatian yang maksimal terhadap tumbuh kembang anak. Dengan membuka sekat pikiran kita dalam melihat anak, dan mencoba untuk menekan kecenderungan memproyeksikan keinginan pribadi pada anak, kita akan menyaksikan bakat dan minat itu tumbuh secara alami, bebas, dan untuk ini, bapak/ibu sekalian, apa yang lebih indah?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Siap Bermain!